Senin, 19 Maret 2012

Lapisan kolom air - Mixed layer depth


Apakah dilaut terdapat oksigen? Tentu, Karena ikan-ikan dilaut masih tetap hidup dan terus bertambah :D
Oksigen yang terdapat dilaut diakibatkan adanya aliran turbulensi yaitu angin yang berada diudara tercampur dengan air yang berada dilautan, sehingga menimbulkan buih-buih didalam air laut.

Gambar 1. Turbulensi
http://teknikpertambangan.files.wordpress.com
 Air laut yang tercampur disebut dengan mixed layer yaitu suatu lapisan dimana turbulensi aktif telah dihomogenkan pada kedalaman tertentu air laut. Turbulensi ini dipengaruhi oleh angin, pendingin, proses seperti penguapan atau air laut pembentukan es yang mengakibatkan peningkatan salinitas.



Gambar 2.
http://oceanmotion.org/images/ocean-vertical-structure_clip_image002.jpg

dapat dilihat pada gambar 2. lapisan campuran di equator lebih tipis dibandingkan dengan pertengahan lintang timur maupun lintang selatan. Lapisan air yang tercampur dipengruhi oleh musim misalnya pada musim panas lapisan akan sangat tipis dikarenakan angin yang melemah, pada musim gugur sedikit panas yang hilang sehingga akan mempertebal lapisan campuran,  pada musim dingin panas semakin menghilang sehingga lapisan tercampur menjadi semakin tebal dan pada musim semi angin melemah, sinar matahari kembali meningkat, dan terbentuklah mixed layer.
Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kecepatan angin ditiap wilayah dan setiap musim, semakin besar kecepatan angin maka semakin dalam pula lapisan air yang tercampur begitu juga sebaliknya.
Salinitas di lapisan campuran tersebar secara tidak merata, hal ini dikarenakan kondisi lapisan yang tidak stabil dan sangat dipengaruhi oleh keadaan luar. Penyebaran salinitas secara horizontal yaitu:
·         Daerah equator : salinitas rendah karena penguapan di daerah equator tinggi, dan curah hujan juga tinggi.
·         Daerah lintang 20o-25o LU/LS : salinitas tinggi karena penguapan tinggi dan curah hujan kurang
·         Daerah lintang sedang: penguapan kurang, kelembaban tinggi maka salinitas rendah.
·         Daerah kutub: temperatur rendah, adanya pencairan es, penguapan kecil sehingga salinitasnya kecil.
Apakah fungsi dari mixed layer?
Mixed layer sangat berperan penting terhadap iklim fisik. Air laut mampu menyerap panas jauh lebih besar, 2.5 meter dibawah permukaan laut dapat menyerap panas dari keseluruhan atmosfer. Dengan demikian untuk mengubah lapisan campuran 25 meter tersebut, hanya dibutuhkan dengan 1oC akan cukup untuk mengubah 10 oC di atmosfer. Maka dari itu lapisan campuran tersebut sangat berpengaruh untuk menentukan kisaran suhu dilaut dan pesisir, dan panas yang tersimpan pada lapisan campuran tersebut menyediakan sumber panas yang mendorong variabilitas global seperti El nino.
 selain lapisan campuran, juga terdapat lapisan termoklin  yaitu lapisan yang membagi dua massa diperairan. untuk lebih jelasnya lihat link di bawah ini yaaa :)


Daftar acuan:

1 komentar: